Selamat datang
twibon21-KPI
PROFIL PRODI

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan memiliki visi menjadi pusat kajian dan pengembangan bidang komunikasi dan penyiaran Islam yang unggul di tahun 2027. Kreatifitas, Produktifitas, Inovasi tiada henti menjadi prinsip peningkatan mutu prodi untuk menerapkan Tridharma perguruan tinggi agar dapat memberikan inspirasi sekaligus  manfaat kepada masyarakat. 

akreditasi prodi KPI INSUD
AKREDITASI

Prodi KPI INSUD resmi mendapatkan SK Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI pada 20 Januari 2015. Kami juga telah mendapat akreditasi dari Badan Nasional Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Visitasi oleh asesor dilakukan pada 5-7 Agustus 2018. 

alumni-prodi-KPI-imama-1
PROSPEK LULUSAN 

Lulusan Prodi KPI memiliki prospek yang luas untuk bekerja sebagai wartawan, penyiar televisi ataupun radio, presenter, MC, desainer media (cetak maupun online), content creator dan sebagainya. Alumni Prodi KPI telah terserap di dunia kerja, di antaranya di TV9, Persada TV dan Radio, pengelola media dan guru di Sekolah Menengah Kejuruan.

8.latihan-shooting.OK_
kREATIFITAS MAHASISWA

Mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kreatifitasnya melalui organisasi mahasiswa Himaprodi Komunikasi Penyiaran Islam (HIMAKOPI) dan Pusat Studi Media dan Dakwah, Mahasiswa dilatih untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis berita, naskah skrenario film, naskah pidato, karya ilmiah dan sebagainya, menerapkan keterampilan public writing, public speaking (da’i, MC, presenter, penyiar, dsb), teknik penyiaran, analisis wacana, pengembangan media cetak, audio, video dan multimedia interaktif .

Sosialisasi-skripsi-dan-dosen-pembimbing-skripsi-kepada-mahasiswa-KPI-angkatan-2017.-Di-Lab.-INSUD.31.1.2021.-1024x768
proses perkuliahan

Perkuliahan dilakukan dengan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan mendukung penerapan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Metode pembelajaran dilakukan dengan pendekatan Student Based Learning serta memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.  

besiswa
BEASISWA

Tersedia BEASISWA KIP bagi mahasiswa baru lulusan SMK/MA/MAK/SMA/Sederajat tahun 2019, 2020 dan 2021. Dengan syarat memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera, mendaftar di link: pmb.insud.ac.id (pilih Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam) lalu mengisi formulir di https://bit.ly/KIP-KuliahINSUD 

Categories
Kabar Kegiatan Prodi

Sharing Session, berbagi pengalaman mengerjakan skripsi menjadi budaya baru di Prodi KPI INSUD

kpi.insud.ac.id– Pusat Studi Media dan Dakwah (PUSMED) Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) menggelar Sharing Session angkatan 2017 Prodi KPI INSUD yang telah melaksanakan serangkaian tugas skripsi sebagai syarat kelulusannya tahun ini. Materi yang diberikan berupa cara kepenulisan skripsi serta suka duka dalam penyusunan skripsi. Acara yang dilaksanakan di Studio Persada TV Minggu (31/10/2021) ini diikuti dengan antusias oleh peserta yang berasal dari angkatan 2018 hingga 2021.

Mahasiswa senior Prodi KPI yang membagikan pengalamannya yaitu Moh. Azwar Anas, Argo Saputro, Mochamad Refi, Saddad Ainor Richard dan Moh. Maftuhin. Menurut Argo Saputro yang juga seorang Youtuber, kegiatan PUSMED merupakan tindak lanjut dari komitmen prodi KPI untuk memberikan gambaran dan semangat pada semua mahasiswa KPI agar tidak bingung ataupun takut dalam menghadapi tugas skripsi.

“Ini juga merupakan terobosan terbaru dalam memperkuat persaudaraan antar angkatan. Sharing Session seperti ini dibutuhkan oleh mahasiswa untuk mengerjakan skripsinya nanti. Ada yang mungkin saja bingung dalam cara kepenulisan skripsi, ada yang takut untuk bimbingan dengan dosen, dan ada yang takut dalam penentuan judul,” katanya.

Sedangkan Saddad Ainor Richard yang juga seorang komikus, menyatakan bahwa KPI angkatan 2017 akan terus mendukung dan siap memberikan pendampingan kepada para angkatan KPI 2018. Sebab, dirinya  ingin memberikan yang terbaik untuk para pejuang-pejuang skripsi nantinya, khususnya dari angkatan 2018 yang semakin dekat menghadapi tugas tersebut.

"Dalam pembuatan skripsi diharap kita jangan tegang, sebisa mungkin rileks karena jika kalian saja sudah tegang nantinya hasil tulisan kalian pun akan banyak yang kurang baik, jalani dengan senyaman mungkin, carilah judul dan tema yang sesuai dengan apa yang menjadi basic favorit kalian agar kalian bisa menjalaninya dengan senang tanpa tekanan," ujar Azwar Anas yang pernah menjabat sebagai ketua Himmaprodi KPI.

Sementara itu, Mochamad Refi yang juga menjadi tim di Persada TV menyampaikan bahwa dalam konteks skripsi kita haruslah memiliki keyakinan yang penuh pada hasil penelitian tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi perasaan grogi dan cemas saat presentasi, karena sudah memiliki keyakinan yang penuh pada objek penelitianya.

“Saya sangat yakin pada kalian, kalian memiliki skill yang sangat baik dan kompeten dalam berbagai bidang, jadi lakukan tahapan skripsi ini sampai selesai dan tunjukan pada masyarakat bahwa prodi KPI INSUD memiliki skill yang unggul dan mampu bersaing di tengah masyarakat,” tambah Moh. Maftuhin yang juga seorang Youtuber.

Skripsi merupakan tugas wajib yang harus dilalui oleh mahasiswa Prodi KPI INSUD untuk meraih gelar Sarjana Sosial. Untuk mengerjakannya mahasiswa dapat memilih tema penelitian  atau pengembangan yang sesuai dengan skill dan passion masing-masing. Diharapkan, hasil penelitian maupun pengembangan yang dibuat dalam skripsi dapat bermanfaat dan mampu memberi kontribusi yang nyata pada masyarakat. Dengan demikian, mahasiswa membuktikan diri dapat menerapkan tri dharma perguruan tinggi. Dengan kegiatan ini, mahasiswa semakin sadar bahwa ada tantangan dan tanggung jawab nyata yang harus kita emban nantinya, tetap semangat, dan salam komunikasi.

Penulis: Novelya Aleena R.

Leave a Reply

Your email address will not be published.