Categories
Kabar

Peluang dan Tantangan Penyiaran Islam di Era Digital

“Peluangnya sangat besar dan terbuka lebar, tinggal bagaimana bisa memanfaatkannya, di situlah tantangan bagi praktisi penyiaran termasuk penyiaran Islam,” ungkap Suwandi S.T dalam diskusi ilmiah KPI Brainstorming 3 yang diselenggarakan oleh Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam INSUD Lamongan (21/9/2021) di Studio Persada TV Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan.

Pernyataan tersebut terkait dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat. Banyak masyarakat yang telah memiliki telepon pintar dan lebih memilih melihat handphone daripada televisi. Hal ini membawa pengaruh besar bagi dunia penyiaran terutama televisi. Semua harus siap segera beralih ke digital. Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Komenkominfo) akan memberlakukan penghentian siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) untuk dialihkan ke siaran TV digital.

Suasana diskusi KPI Brainstorming 3 (21/9/2021) di Studio Persada TV

Menurut Suwandi S.T, selaku manajer Persada TV dan Radio, di sinilah peluang dan sekaligus tantangan bagi praktisi penyiaran atau mahasiswa yang ingin terjun di dunia penyiaran. Banyak hal yang harus dipelajari agar bisa terampil dan profesional di dunia penyiaran. Mahasiswa KPI INSUD bisa mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya sekaligus dengan belajar di kampus dan praktik di Persada TV dan Radio. Mahasiswa bisa mendukung kerja tim kreatif dan belajar menjadi presenter di Persada TV dan Radio.

Diskusi kali ini menunjukkan bahwa mahasiswa KPI INSUD memiliki peluang sekaligus kesempatan untuk belajar dan mengembangkan kompetensinya. Tantangannya tentu kembali kepada mahasiswa sendiri, maukah mengambil kesempatan tersebut?

Ke depan, materi yang didiskusikan ini semakin dipelajari lebih dalam di bangku perkuliahan. Mahasiswa juga bisa bergerak aktif untuk belajar bersama tim Persada TV dan Radio. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengadakan kreatifitas dan kegiatan lain secara kolaborasi bersama Prodi dan Himaprodi, atau di berbagai Unit Kemahasiswaan di INSUD.

Teruslah semangat mahasiswa KPI INSUD. Selamat berkreasi dan berkarya, semoga sukses di hari depannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *