Selamat datang
twibon21-KPI
PROFIL PRODI

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan memiliki visi menjadi pusat kajian dan pengembangan bidang komunikasi dan penyiaran Islam yang unggul di tahun 2027. Kreatifitas, Produktifitas, Inovasi tiada henti menjadi prinsip peningkatan mutu prodi untuk menerapkan Tridharma perguruan tinggi agar dapat memberikan inspirasi sekaligus  manfaat kepada masyarakat. 

akreditasi prodi KPI INSUD
AKREDITASI

Prodi KPI INSUD resmi mendapatkan SK Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI pada 20 Januari 2015. Kami juga telah mendapat akreditasi dari Badan Nasional Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Visitasi oleh asesor dilakukan pada 5-7 Agustus 2018. 

alumni-prodi-KPI-imama-1
PROSPEK LULUSAN 

Lulusan Prodi KPI memiliki prospek yang luas untuk bekerja sebagai wartawan, penyiar televisi ataupun radio, presenter, MC, desainer media (cetak maupun online), content creator dan sebagainya. Alumni Prodi KPI telah terserap di dunia kerja, di antaranya di TV9, Persada TV dan Radio, pengelola media dan guru di Sekolah Menengah Kejuruan.

8.latihan-shooting.OK_
kREATIFITAS MAHASISWA

Mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kreatifitasnya melalui organisasi mahasiswa Himaprodi Komunikasi Penyiaran Islam (HIMAKOPI) dan Pusat Studi Media dan Dakwah, Mahasiswa dilatih untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis berita, naskah skrenario film, naskah pidato, karya ilmiah dan sebagainya, menerapkan keterampilan public writing, public speaking (da’i, MC, presenter, penyiar, dsb), teknik penyiaran, analisis wacana, pengembangan media cetak, audio, video dan multimedia interaktif .

Sosialisasi-skripsi-dan-dosen-pembimbing-skripsi-kepada-mahasiswa-KPI-angkatan-2017.-Di-Lab.-INSUD.31.1.2021.-1024x768
proses perkuliahan

Perkuliahan dilakukan dengan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan mendukung penerapan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Metode pembelajaran dilakukan dengan pendekatan Student Based Learning serta memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.  

besiswa
BEASISWA

Tersedia BEASISWA KIP bagi mahasiswa baru lulusan SMK/MA/MAK/SMA/Sederajat tahun 2019, 2020 dan 2021. Dengan syarat memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera, mendaftar di link: pmb.insud.ac.id (pilih Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam) lalu mengisi formulir di https://bit.ly/KIP-KuliahINSUD 

Categories
Kabar Kegiatan Prodi

Jurnalistik Damai dan Dakwah di Masa Kini

“Wartawan dapat berperan sebagai bagian dari upaya penyelesaian konflik. Yaitu, dengan membuat berita yang berimbang, tidak memihak salah satu pihak dan tidak memperkeruh situasi konflik,”ungkap Ahmad Zainuri, M.I.Kom, jurnalis dan juga penanggungjawab Citra TV Lamongan dalam diskusi ilmiah KPI Brainstorming sesi 2 dengan tema Jurnalistik Damai dan Dakwah di Masa Kini di Studio Persada TV Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan.

suasana diskusi KPI Brainstorming sesi 2

Seorang wartawan harus memiliki keterampilan komunikasi dan bisa menerapkan kode etik jurnalistik dengan baik. Pemberitaan yang menonjolkan kedamaian dan upaya penyelesaian konflik dapat mengurangi ketegangan, sehingga  informasi yang dihadirkan memiliki nuansa damai dan dapat mendorong adanya penyelesaian konflik yang terjadi.

Menurut Ahmad Zainuri, M.I.Kom, bila ingin menjadi wartawan, mahasiswa harus meningkatkan wawasan dan pengetahuannya. Ia juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, termasuk terampil menulis dengan acuan 5W 1H (What, Why, Who, Where, When, How). Ia juga harus melatih kepekaan dan keterampilan untuk menyajikan informasi dengan baik.

Sementara itu, untuk kaitannya dengan dakwah, sama halnya dengan wartawan. Kini banyak masyarakat menjadi pengguna internet, banyak yang memilih untuk mengakses informasi lewat internet. Teknologi komunikasi yang berkembang semakin pesat harus diimbangi dengan keterampilan dan juga kreatifitas untuk bisa memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. oleh karenanya, pengelola media dan juga pendakwah jika ingin mempertahankan eksistensinya harus mengikuti perkembangan dan memanfaatkan ruang-ruang yang sering diakses oleh masyarakat agar tetap dapat diakses dan dekat di hati masyarakat.  

Dr. H. Ainur Rofiq M.Pd.I menyerahkan sertifikat pembicara KPI Brainstorming sesi 2, 20/9/2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.