Selamat datang
twibon21-KPI
PROFIL PRODI

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan memiliki visi menjadi pusat kajian dan pengembangan bidang komunikasi dan penyiaran Islam yang unggul di tahun 2027. Kreatifitas, Produktifitas, Inovasi tiada henti menjadi prinsip peningkatan mutu prodi untuk menerapkan Tridharma perguruan tinggi agar dapat memberikan inspirasi sekaligus  manfaat kepada masyarakat. 

akreditasi prodi KPI INSUD
AKREDITASI

Prodi KPI INSUD resmi mendapatkan SK Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI pada 20 Januari 2015. Kami juga telah mendapat akreditasi dari Badan Nasional Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Visitasi oleh asesor dilakukan pada 5-7 Agustus 2018. 

alumni-prodi-KPI-imama-1
PROSPEK LULUSAN 

Lulusan Prodi KPI memiliki prospek yang luas untuk bekerja sebagai wartawan, penyiar televisi ataupun radio, presenter, MC, desainer media (cetak maupun online), content creator dan sebagainya. Alumni Prodi KPI telah terserap di dunia kerja, di antaranya di TV9, Persada TV dan Radio, pengelola media dan guru di Sekolah Menengah Kejuruan.

8.latihan-shooting.OK_
kREATIFITAS MAHASISWA

Mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kreatifitasnya melalui organisasi mahasiswa Himaprodi Komunikasi Penyiaran Islam (HIMAKOPI) dan Pusat Studi Media dan Dakwah, Mahasiswa dilatih untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis berita, naskah skrenario film, naskah pidato, karya ilmiah dan sebagainya, menerapkan keterampilan public writing, public speaking (da’i, MC, presenter, penyiar, dsb), teknik penyiaran, analisis wacana, pengembangan media cetak, audio, video dan multimedia interaktif .

Sosialisasi-skripsi-dan-dosen-pembimbing-skripsi-kepada-mahasiswa-KPI-angkatan-2017.-Di-Lab.-INSUD.31.1.2021.-1024x768
proses perkuliahan

Perkuliahan dilakukan dengan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan mendukung penerapan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Metode pembelajaran dilakukan dengan pendekatan Student Based Learning serta memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.  

besiswa
BEASISWA

Tersedia BEASISWA KIP bagi mahasiswa baru lulusan SMK/MA/MAK/SMA/Sederajat tahun 2019, 2020 dan 2021. Dengan syarat memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera, mendaftar di link: pmb.insud.ac.id (pilih Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam) lalu mengisi formulir di https://bit.ly/KIP-KuliahINSUD 

Categories
Kabar Kegiatan Prodi

Refleksi Kurikulum Prodi KPI bersama Alumni

Sarasehan Alumni yang dilaksanakan secara online (5/8/2021)  melalui aplikasi Google Meeting menjadi ruang silaturahim dan sekaligus refleksi tentang pengalaman kuliah sekaligus kurikulum di Prodi KPI. Alumni memberikan masukan yang sangat berharga dan menyampaikan harapan yang luar biasa agar Prodi KPI bisa semakin maju.

“Kurikulum Prodi KPI perlu dikembangkan agar relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini, Prodi KPI perlu membuat gebrakan-gebrakan baru perubahan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap kerja,” demikian ungkap Risma Eko Prastiyo yang biasa dipanggil Pras, alumni angkatan 2016.

Menurut Pras, salah satu mata kuliah yang penting untuk diperdalam oleh mahasiswa KPI ialah Public Relation. Dalam mata kuliah ini mestinya mahasiswa dapat berlatih keterampilan public speaking, public writing dan pemanfaatan berbagai media komunikasi. Keterampilan ini sangat dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan. Selain itu, mata kuliah yang terkait dengan jurnalistik dan dakwah juga sangat penting untuk dikuasai jika ingin bekerja di bidang penyiaran islam. Masukan itu ia sampaikan berdasar pengalaman magang di sebuah situs berita media online (beritajatim.com) dan aktifitas kerja yang kini dijalaninya di percetakan.

“Pembelajaran yang diberikan hendaknya bisa mengarahkan dan membimbing mahasiswa sampai bisa dalam praktiknya. Sehingga pemahaman tentang teori bisa dikuatkan oleh keterampilan ketika praktik.” Tambah Umi Fatihatus Soliha.

Dalam diskusi ini alumni berharap Prodi KPI mampu membekali mahasiswa dengan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga mereka mampu beradaptasi dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Selain itu, mahasiswa juga perlu memahami bagaimana perkembangan produksi media, bagaimana mengelola atau mengorganisir kegiatan (event organiser), serta bagaimana perkembangan dunia marketing atau pemasaran baik di perusahaan maupun lembaga non profit. Dengan begitu, mereka bisa memetakan bisa berperan di bagian mana.

Kegiatan ini dihadiri oleh alumni Prodi KPI yang telah bekerja di berbagai bidang, baik itu yang terkait dengan jurnalistik dan penyiaran maupun di luar itu. Ada yang bekerja di TV 9, di media online, menjadi wirausaha, bergerak di bidang pemasaran, mengajar di TPQ dan pengelolaan desa, serta ada pula yang menjadi guru PAUD.

Saran dan harapan ini menjadi dorongan bagi Prodi KPI INSUD untuk melakukan review kurikulum dan membuat langkah-langkah pengembangan. Pertemuan yang singkat di ruang maya ini diwarnai dengan ketidakstabilan koneksi internet, sehingga kerinduan untuk berbagi cerita dan berdiskusi belum sepenuhnya terpenuhi. Para alumni pun berharap dapat diadakan pertemuan langsung (offline) sehingga dapat lebih nyaman berbagi. Mereka juga ingin berdiskusi langsung dengan mahasiswa yang saat ini menempuh kuliah di prodi KPI INSUD.

Leave a Reply

Your email address will not be published.