Selamat datang
twibon21-KPI
PROFIL PRODI

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan memiliki visi menjadi pusat kajian dan pengembangan bidang komunikasi dan penyiaran Islam yang unggul di tahun 2027. Kreatifitas, Produktifitas, Inovasi tiada henti menjadi prinsip peningkatan mutu prodi untuk menerapkan Tridharma perguruan tinggi agar dapat memberikan inspirasi sekaligus  manfaat kepada masyarakat. 

akreditasi prodi KPI INSUD
AKREDITASI

Prodi KPI INSUD resmi mendapatkan SK Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI pada 20 Januari 2015. Kami juga telah mendapat akreditasi dari Badan Nasional Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Visitasi oleh asesor dilakukan pada 5-7 Agustus 2018. 

alumni-prodi-KPI-imama-1
PROSPEK LULUSAN 

Lulusan Prodi KPI memiliki prospek yang luas untuk bekerja sebagai wartawan, penyiar televisi ataupun radio, presenter, MC, desainer media (cetak maupun online), content creator dan sebagainya. Alumni Prodi KPI telah terserap di dunia kerja, di antaranya di TV9, Persada TV dan Radio, pengelola media dan guru di Sekolah Menengah Kejuruan.

8.latihan-shooting.OK_
kREATIFITAS MAHASISWA

Mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kreatifitasnya melalui organisasi mahasiswa Himaprodi Komunikasi Penyiaran Islam (HIMAKOPI) dan Pusat Studi Media dan Dakwah, Mahasiswa dilatih untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis berita, naskah skrenario film, naskah pidato, karya ilmiah dan sebagainya, menerapkan keterampilan public writing, public speaking (da’i, MC, presenter, penyiar, dsb), teknik penyiaran, analisis wacana, pengembangan media cetak, audio, video dan multimedia interaktif .

Sosialisasi-skripsi-dan-dosen-pembimbing-skripsi-kepada-mahasiswa-KPI-angkatan-2017.-Di-Lab.-INSUD.31.1.2021.-1024x768
proses perkuliahan

Perkuliahan dilakukan dengan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan mendukung penerapan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Metode pembelajaran dilakukan dengan pendekatan Student Based Learning serta memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.  

besiswa
BEASISWA

Tersedia BEASISWA KIP bagi mahasiswa baru lulusan SMK/MA/MAK/SMA/Sederajat tahun 2019, 2020 dan 2021. Dengan syarat memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera, mendaftar di link: pmb.insud.ac.id (pilih Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam) lalu mengisi formulir di https://bit.ly/KIP-KuliahINSUD 

Categories
Kabar Kegiatan Prodi

Koordinasi dengan pengelola baru Prodi KPI

Dr. H. Ainur Rofiq, M.Pd.I, Dekan Fakultas Dakwah, bersama Pusvyta Sari, M.Pd., selaku Ketua Prodi KPI INSUD Lamongan mengadakan koordinasi perdana dengan dosen-dosen di prodi KPI (19/01/2021). Acara koordinasi di Ruang Kelas Gedung INSUD ini pun menjadi ajang refleksi atas perkembangan prodi KPI sejak awal berdiri.  

Dari koordinasi ini diperoleh beberapa catatan sebagai masukan yang sangat penting bagi perumusan program KPI, baik jangka pendek, menengah maupun panjang. Dosen-dosen KPI berharap agar prodi KPI bisa menyelenggarakan beberapa kegiatan yang mendukung proses akademik mapun non akademik bagi dosen maupun mahasiswa. Antara lain, pentingnya melakukan review kurikulum Prodi KPI, pengembangan web dan media prodi KPI, pengembangan laboratorium Prodi sebagai pusat sumber belajar, optimalisasi pengelolaan jurnal Prodi, serta peningkatan pendampingan bagi mahasiswa.

Review kurikulum penting dilakukan mengingat perkembangan zaman serta perlunya memperjelas arah dan karakteristik prodi. Perkuliahan di prodi KPI INSUD harus lebih fokus lagi untuk mendukung keterampilan mahasiswa. Prodi perlu mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Sehingga, keberadaanya di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat dapat memperkuat media dakwah yang ada.

Koordinasi ini diharapkan menjadi awal yang baik dan terus berlanjut, sehingga terjalin komunikasi yang kuat dan sinergis serta kebersamaan antara pengelola di tingkat fakultas maupun prodi. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi dan misi.  Prodi KPI berharap bisa menjadi pusat kajian dan pengembangan pengembangan bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam  yang unggul dan kompetitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.